Sabtu, 25 Agustus 2012

Klasifikasi Jaringan Komputer

Selamat bertemu kembali dimalam takbiran puasa syawal.
Kali ini saya akan mengpostingkan tugas dengan judul Klasifikasi Jaringan Komputer .

 
 

Jaringan Komputer (Network) adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom, dan dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa komputer dan peralatan lain yang saling terhubung dan dapat saling bertukar data atau informasi melalui media transmisi tertentu. Media Transmisi dapat berupa kabel ataupun gelombang radio, infrared ataupun satelit. Setiap peralatan yang tersambung ke jaringan disebut node. 
Tujuan Jaringan Komputer :
  •   Membagi Sumber Daya : contohnya berbagi pemakaian printer, memory, harddisk, cpu.
  •   Komunikasi                     : contohnya surat elektronik.
  •   Akses Informasi             : contohnya web browsing.
Selain tujuan tujuan diatas adapun manfaatnya, berikut :
  1. Resource Sharing , tujuan ini agat seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh orang yang berada atau berhak atas suatu jaringan komputer tanpa terpengaruh lokasi. Jadi lebih ringkasnya tujuan ini diharapkan dapat menghilangkan kendala jarak
  2. Keandalan Tinggi , artinya file file yang diperlukan dapat di taruh pada dua atau tiga buah mesin (komputer), sehingga apabila salah satu mesin tersebut tidak dapat dipakai atau rusak maka mesin yang lain dapat mengambil alih tugasnya
  3. Saving Money(Menghemat Uang) , maksudnya adalah kita dapat menggunakan satu server yang dapat dipakai bersama sama melalui komputer pribadi , jadi dalam jaringan komputer kita tidak harus menggunakan komputer mainframe yang harganya cukup mahal, kita dapat terhubung ke jaringan dengan komputer pribadi dan mengakses data di server
  4. Skalabilitas , yaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja secara berangsur angsur hanya dengan menambah sejumlah processor
Jenis Jaringan Komputer memiliki beberapa kriteria, diantaranya yaitu Luas Area, Media Penghantar, dan Pola Operasi .

A. Berdasarkan Luas Area :
   1. PAN (Personal Area Network)
   2. LAN (Local Area Network)
   3. MAN (Metropolitan Area Network)
   4. WAN (Wide Area Network)
   5. Internet (Interconnected-Networking)
Beberapa sumber lain mebedakan jaringan komputer menjadi :

  1. PAN  (Personal Area Network)
  2. LAN (Local Area Network)
  3. NAN (Neighborhood Area Network)
  4. CAN (Campus Area Network)
  5. MAN (Metropolitan Area Network)
  6. WAN (Wide Area Network)
  7. GAN (Global Area Network)
  8. RAN (Regional Area Network)
  9. SAN (Storage Area Network)
  10. Internet (Interconnected-Networking)
Berikut ini beberapa gambaran berapa kira-kira luas area untuk masing-masing jaringan komputer.

  1. PAN Jarak 1 s/d 10 m (dalam ruangan, hubungan antara komputer dengan HP, PDA, dsb)
  2. LAN Jarak 10 s/d 1000 m (gedung)
  3. NAN 10 s/d 1000 m (RT/RW)
  4. CAN 1000 s/d 10.000 m (Universitas)
  5. MAN 10.000 s/d 100.000 m (Kota)
  6. WAN 100.000 s/d 1.000.000  m (Negara)
  7. Internet Diatas 1.000.000 m (Seluruh dunia)
B. Berdarsarkan Media Penghantar
  1. Wire Network atau Wireline Network
    Wire network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai  media penghantar. Jadi, data dialirkan melalui kabel. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer biasanya menggunakan bahan dasar tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN. Sedangkanuntuk MAN atau WAN menggunakan gabungan kabel tembaga dan serat optik.
     
  2. Wireless Network (Network tanpa kabel)
    Wireless network adalah jaringan komputer yang menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya (infrared atau laser). saat ini sudah semakin banyak tempat umum seperti restoran, sekolah, universitas, bandara, pusat perbelanjaan, dan lokasi lain yang menyediakan wireless network. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan akses Internet menggunakan handphone, laptop, PDA, dan perangkat mobile lainnya. Frekuensi yang di gunakan wireless network biasanya 2.4 GHz dan 5.8 GHz, sedangkan penggunaan infrared dan laser umumnya hanya terbatas untuk jenis jaringan yang hanya melibatkan dua buah titik saja atau PAN seperti komputer dengan handphone.
C. Berdarsarkan Pola Pengoperasian
  1. Peer to Peer
    Peer to peer adalah jenis jaringan komputer dimana komputer bisa menjadi server sekaligus client. setiap komputer dapat menerima dan memberikan akses dari/ke komputer lain. Peer to peer banyak diimplementasikan pada MAN, WAN, atau internet, namun keamanannya kurang. Karena cukup sulit mengawasi keamanan jaringan peer to peer jika komputer yang terhubung sangat
    banyak.
     
  2. Client Server
    Client server adalah jaringan komputer yang salah satu atau lebih komputernya difungsikan sebagai server untuk melayani komputer lain. Komputer yang dilayani oleh server disebut client
     
Penjelasan :
A. LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan komputer yang dapat digunakan pada area tertentu.LAN dapat digunakan sampi jarak 10 KM. Namun,dalam praktek jaringan ini hanya digunakan pada lingkup yang sangat sempitmisalnya pada sebuah gedung yang memerlukan hubungan antar komputer yang satu dengan komputer yang lain, disuatu sekolahan, universitas tertentu, dll.

B. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya dalam satu kota.Jangkauan MAN lebih luas daripada yang LAN yang dapat mencapai sampai beberapa ratus kilometer.

C. WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya lebih luas daripadaMAN dan LAN. WAN biasanya digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain yang jaraknya cukup luas, misalnya hubungan antar satu kota dengankota yang lain dalam satu negara.

D. GAN (Global Area Network)
GAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya lebih luas. Jaringan inimerupakan komputer-komputer yang ada di negara-negaradiseluruh dunia. Pada saat ini jaringan yang termasuk GAN adalah internet.Dimana internet dapat menghubungkan komputer-komputer yang ada diseluruh dunia.

E. PAN (Personal Area Network)
PAN atau Personal Area Network Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet. Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USBdan Firewire.

F. CAN (Campus Area Network)
CAN (Campus Area Network) adalah sebuah jaringan kampus atau basis-basis militer yang saling terhubung., contoh salah satu kalangan Campus / Sekolah yang saling terhubung dan bisa berkomunikasi.

G. SAN (Storage Area Network)
SAN (Storage Area Network) adalah jaringan yang memiliki high performance dan digunakan untuk kounikasi data antar server dan storage resource.

Sumber :
 http://gendigbadig.blogspot.com/2012/08/klasifikasi-jaringan-komputer.html#more
http://transiskom.blogspot.com/2010/06/jaringan-komputer.html
http://rurisribalta.blogspot.com/2010/10/sekilas-tentang-jaringan-komputer.html
http://eklangenan.wordpress.com/2009/09/02/tujuan-jaringan-komputer/


  

  

 

0 komentar:

Poskan Komentar